Friday 16 September 2016

7 Pilar Parenting yang Perlu Diperhatikan untuk Membesarkan Anak Berkarakter

Sukses membesarkan anak hingga menjadi manusia di masyarakat dengan karakter yang baik adalah dambaan orang tua pada umumnya. Namun untuk mencapai hal tersebut ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dimulai dari sebelum lahirnya anak ke dunia.

Dijelaskan oleh psikolog Elly Risman, Psi, bahwa dari riset dan pendalaman selama 20 tahun terakhir setidaknya ada tujuh pilar pengasuhan yang bisa berdampak pada seluruh aspek tumbuh kembang anak.

Hal pertama dan paling dasar adalah kesiapan dan komitmen pasangan sebelum jadi orang tua. Apakah mereka yakin bahwa nantinya bisa memberikan anak dengan proses asah, asih dan asuh yang memadai.

Kedua ayah juga perlu berperan aktif mengasuh dan hadir dalam kehidupan anak. Jangan sampai ayah lupa dan menempatkan diri hanya sebagai penyedia nafkah saja karena bagaimanapun juga ada kebutuhan dari anak terhadap sosok peran seorang ayah.

"Terus ketiga punya nggak tujuan pengasuhan? Kalau kita enggak merumuskan tujuan, enggak ada yang disepakati sama suami istri, yang terjadi adalah kita mengasuh melihat bagaimana anak orang lain. Anak orang lain ikut les ini anaknya diikutin les ini, nggak ada basic," kata Elly dalam seminar 'Menjadi Orang Tua Hebat dalam Mengasuh Anak' di kantor BKKBN, Jl Permata No 1, Halim Perdana Kusumah, Jakarta Timur,