Friday 16 September 2016

Habiskan Waktu Bareng Anak dan Suami Juga Bisa Jadi Me Time bagi Ibu Lho

Setiap ibu memiliki cara tersendiri untuk menikmati me time-nya. Ada ibu yang butuh menjauh sejenak dari anak dan suami untuk bisa menikmati me time-nya. Atau justru sebaliknya, me time si ibu yakni ketika ia bisa bersama anak dan suaminya.

Contohnya saja aktris Titi Kamal. Beberapa waktu lalu, istri Christian Sugiono mengungkapkan pergi ke salon dan hang out bersama teman-teman menjadi me time yang rutin ia lakukan. Meski begitu, ia tetap menyempatkan diri menghabiskan waktu bersama suami dan anaknya, Arjuna Zayan Sugiono.

Berbeda dengan Titi Kamal, aktris Zaskia Adya Mecca mengaku pergi bersama sang suami Hanung Bramantyo plus tiga anaknya yakni Sybil, Kana, dan Kaba adalah me time baginya. Zaskia mengisahkan, kadang teman-temannya sering menyuruh dia untuk bisa menikmati waktu berduaan dengan Hanung.

"Tapi nggak bisa. Simpelnya kayak nonton berdua nih sama Mas Hanung. Baru aja filmnya mau mulai, keingetan di rumah Sybil lagi ngapain ya? Kala nangis nggak ya aku tinggal? Jadi me time-ku ya sama anak-anak. Itu ada kepuasan sendiri ngabisin waktu sama anak-anak. Mas Hanung aja kadang bercanda kapan aku punya waktu berdua sama kamu? Ha ha ha," kata Zaskia beberapa waktu lalu.

Terkait hal ini, psikolog klinis dari Klinik TigaGenerasi Sri Juwita Kusumawardhani MPsi, Psikolog mengatakan untuk melakukan me time, apakah seorang ibu harus menjauh sejenak dari anak dan suaminya atau justru harus menghabiskan waktu bersama anak dan sang suami, dapat dilihat dari karakteristik kepribadian si ibu.

Wanita yang akrab disapa Wita ini menjelaskan, untuk orang-orang introvert yang membutuhkan waktu untuk melakukan kegiatan menyenangkan secara mandiri, tentunya akan lebih senang jika menghabiskan me time sendirian. Misalnya saja dengan membaca buku, nonton film, jogging atau merajut.

"Sebaliknya, untuk orang-orang ekstrovert, mereka membutuhkan kehadiran orang lain untuk dapat merasa lebih bahagia sehingga me time-nya dapat dihabiskan bersama anak dan pasangan. Hanya saja bentuk kegiatannya yang menyenangkan, tidak monoton seperti keseharian di rumah," kata Wita saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Ia menekankan, me time amat penting dimiliki ibu. Memang, ketika tidak mendapat me time, efeknya akan berbeda pada masing-masing ibu. Tapi yang pasti, efek negatiflah yang akan terjadi.

"Efek negatif yang bisa terjadi contohnya ibu bisa merasa tidak bahagia, mudah mengeluh, merasa iri dengan orang lain, lalu melampiaskan kemarahan kepada anak maupun pasangan," kata Wita yang juga praktik di Klinik Psikologi Terapan UI ini.